Modus Penipuan Lowongan Kerja

Posted: March 28, 2014 in Lowongan Kerja Fiktif
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebenarnya banyak modus penipuan lowongan kerja. Tapi  yang dibahas dalam  postingan ini hanya dua modus, karena melalui dua modus ini pelamar tertipu jutaan rupiah.

Modus Penipuan Lowongan Kerja Yang Pertama

Dalam hal ini komplotan penipu berkedok lowongan kerja, mengirim  info lowongan kerja  via sms, iklan baris gratis,  dan website info lowongan kerja dengan mencatut perusahaan bonafit.  Dalam info lowongan kerja tersebut, pelamar diinstruksi untuk mengirimkan lamaran pada alamat email yang dilampirkan komplotan penipu.  Alamat email yang digunakan umumnya gratisan seperti yahoo, gmail, ymail, rocketmail, hotmail dan lain-lain.  Setiap lamaran yang masuk ke email komplotan penipu ini akan segera dibalas yang isinya mengatakan bahwa pelamar memenuhi kualifikasi dan dipanggil  mengikuti tes.  Lokasi tes, dilakukan di luar domisili pelamar .  Selanjutnya dalam lembar balasan tersebut, pelamar diwajibkan untuk mengurus transportasi dan akomodasi pada travel yang ditunjuk penipu, dengan alasan perusahaan bekerjasama dengan travel tersebut.  Travel yang ditunjuk penipu tersebut merupakan komplotannya sendiri.  Travel ini hanya sebagai kedok saja dan merupakan sarana penipu untuk mendapatkan transferan dari pelamar. Biaya transportasi dan akomodasi yang ditetapkan travel rekan penipu tersebut pada pelamar, umumnya jutaan rupiah, di mana biaya tersebut ditransfer pada nomor rekening pribadi bukan atas nama travel yang disebutkan.  Setelah mendapatkan transferan dari pelamar maka travel rekan penipu tersebut segera mematikan nomor HP agar tidak bisa dihubungi lagi oleh pelamar dan selanjutnya komplotan penipu ini membagikan uang hasil penipuan.

Modus Penipuan Lowongan Kerja Yang Kedua

Dalam modus ini, cara penipuannya hampir sama dengan modus penipuan lowongan kerja yang pertama. Bedanya adalah dalam modus kedua ini perusahaan yang digunakan komplotan penipu adalah perusahaan fiktif/abal-abal/palsu. Di mana penipu membuat info lowongan kerja berbagai posisi/jabatan melalui sms, email, iklan baris gratis,  dan website info lowongan kerja. Dalam info lowongan kerja tersebut, pelamar diinstruksi untuk mengirimkan lamaran pada alamat email yang dilampirkan komplotan penipu.  Alamat email yang digunakan umumnya gratisan seperti yahoo, gmail, ymail, rocketmail, hotmail dan lain-lain.  Setiap lamaran yang masuk ke email komplotan penipu ini akan segera dibalas yang isinya mengatakan bahwa pelamar memenuhi kualifikasi dan dipanggil  mengikuti tes.  Lokasi tes, dilakukan di luar domisili pelamar .  Selanjutnya dalam lembar balasan tersebut, pelamar diwajibkan untuk mengurus transportasi dan akomodasi pada travel yang ditunjuk penipu, dengan alasan perusahaan bekerjasama dengan travel tersebut.  Travel yang ditunjuk penipu tersebut merupakan komplotannya sendiri.  Travel ini hanya sebagai kedok saja dan merupakan sarana penipu untuk mendapatkan transferan dari pelamar. Biaya transportasi dan akomodasi yang ditetapkan travel rekan penipu tersebut pada pelamar, umumnya jutaan rupiah, di mana biaya tersebut ditransfer pada nomor rekening pribadi bukan atas nama travel yang disebutkan.  Setelah mendapatkan transferan dari pelamar maka travel rekan penipu tersebut segera mematikan nomor HP agar tidak bisa dihubungi lagi oleh pelamar dan selanjutnya komplotan penipu ini membagikan uang hasil penipuan.

NB : Jika dalam hal lowongan kerja anda diwajibkan untuk mengurus transportasi dan akomodasi pada travel tertentu, maka dapat dipastikan info lowongan kerja tersebut fiktif/abal-abal/palsu/penipuan. Waspadalah, penipu akan selalu mencari orang yang dapat mereka bodohi. Jika anda tertipu, maka anda bodoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s