Waspadalah, toko online di Facebook 99% penipuan atau dengan kata lain toko online fiktif.  Ciri-ciri toko online fiktif di Facebook  adalah dengan mengetag gambar barang-barang elektronik ke akun Facebook orang lain dan menampilkan  nama alamat websitenya (toko online),  baik dalam bentuk website berbayar (com, net) dan website gratisan (blogspot.com, weebly.com, webs.com, wordpress.com, jimdo.com, dll). Harga barang elektronik dibuat sangat murah untuk menarik perhatian pengguna Facebook (jika harga sama dengan harga toko, siapa yang tertarik membeli via online). Toko online resmi tidak akan mengetag gambar barang-barang elektronik ke akun Facebook orang lain. Hanya penipu yang melakukan hal tersebut, dilihat dari motivasinya. Tujuannya adalah  agar semakin mudah mendapatkan mangsa/korban yang tertarik dengan barang-barang elektronik  yang ditampilkan dalam gambar tersebut. Jika ada korban yang tertarik, maka toko online fiktif atau penipu tersebut akan menyuruh korban mentransfer uang muka atau pembayaran penuh atas barang yang dipesan korban. Umumnya toko online fiktif menolak dengan tegas pembayaran dengan sistem rekening bersama atau COD (Cash On Delivery) karena barang elektronik yang ditawarkan memang tidak ada alias fiktif alias abal-abal.  Barang yang dijual adalah Barang Mimpi bukan Black Market. Setelah mentransfer uang muka atau pembayaran penuh, maka akun Facebook korban segera dihapus dari pertemanan penipu.  Bagi anda yang masih newbie, jangan coba membeli barang elektronik via Facebook atau via website, karena ujung-ujungnya anda bisa menjadi korban penipuan.  Jumlah korban dengan modus penipuan seperti sudah sangat banyak dan korban umumnya menderita kerugian jutaan hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, waspadalah.

Comments
  1. Riky says:

    Hati-hati Kalau anda membeli barang online seperti : Laptob, Keyboard, Kamera DSLR dan lain sebagai nya. Itu semua Hanya PENIPUAN dan TIDAK BENAR.
    Ini Identitas Pelaku Penipu Online yg berbahaya :
    Nama : IRFANDI
    Pin BB : 297A455A
    No.HP : 0823 0010 0313 & 0853 4186 2356
    Alamat : JL. KAPTEN RIVAI N0.25 – PALEMBANG – SUM-SEL
    WASPADA!!! DENGAN ORG INI, Situs WEBSITE ONLINE yang di buat pelaku untk mencari mangsa dan target nya ” http://www.marketelekro.com
    Uda Banyak Korban yang di lakukan si IRFANDI ini…
    foto PENIPU klik aja website nya
    WASPADA !!!

  2. Jek says:

    Belum lama ini saya habis ketipu oleh penjual Online shop di
    Facebook.
    nama Facebooknya FOCUS CELLULER
    Tadinya saya males banget blanja di online Karena alasanya jelas
    Takut ketipu,..!!!
    Tapi karena banyak pesan dinding dr para konsumen yg mengaku
    puas atas pelayanan FOCUS CELLULER saya pun ikut penasaran
    karena Harga Barang yg di tawarkan di FOCUS CELLULER jauh
    lebih murah dr harga pasaran.
    (katanya sih lg diskon)
    Waktu itu saya memesan Samsung Galaxy tab3 8.0
    yg saya tau harga pasarannya skitar 4 juta
    tapi FOCUS CELLULER menawarkan kepada saya dgn hara
    Rp2.700.000
    Cara pemesananan
    Saya di suruh Mengirimkan sms ke nomer 082301532999
    (itu nomr pelaku)
    dgn format #Nama #Alamat lengkap#No.hp/Tlpon#Type
    barang#Collor
    Barang akan di kirim lewat TIKI/JNE
    Kiriman Kilat 50.000 sehari bisa nyampe
    Kiriman Sedang 25.000 tiga hari bisa nyampe.
    Sayapun di suruh Tranfer uang ke rekening miliknya
    No.Rek BRI : 656101020318530
    Atasnama : JAMAL MUDASIR
    Tapi setelah Saya mentranfer uang kejanggalan pun mulai terjadi,
    Pemilik FOCUS CELLULER menelpon saya dan dia bilang
    * * Kami di sini lagi promo besar²n Bilamana agan memesan 2
    Barang maka agan akan mendapatkan 3 barang.
    Pada waktu itu saya langsung curiga, Harga samsung Galaxy tab3
    8.0
    harganya lumayan mahal skitar 4 juta tp FOCUS CELLULER
    menjualnya dgn harga yg sangat murah dan jika saya beli 2 nanti
    dapat 3 ??
    dalam hati saya berkata
    (“ahh mustahil.. kayanya saya ketipu nih, dan kayanya yg mengirimi
    pesan dinding itu jg fb gadungan nih”)
    Esok harinya saya lihat bekas transaksi saya di inbox FACEBOOK
    bersama FOCUS CELLULER dan ternyata yg saya takutkan jd
    kenyataan. FACEBOOK saya di BLOKIR..!!!
    Otomatis saya langsung telpon dia untuk menanyakan hal ini,
    Tapi pas di telpon nomer tersebut ga di angkat”
    Ini nomer hp.nya 082301532999 (masih aktif sampe skarang)
    Dan sampe sekarang barang yg saya pesan pun tak kunjung jg
    datang. ( pastinya ga bakalan datang)
    Itulah pengalaman saya,
    Smoga bisa jd pelajaran dan bermanfaat buat yg baca pengalaman
    dr saya ini.
    Wassalam…

    • jamesbono says:

      kenapa anda tidak menuruti hati nurani anda?? secara logika mana ada barang seharga Rp. 4 juta di pasaran, kemudian ada yang menjual Rp. 2.7 juta. Ini sudah jelas penipuan dan memang banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan dengan iming-iming barang murah.

    • Zhaa says:

      TerimaKasih gan, sudah diberitahu sebelumnya, saya ada rencana buat beli hp disitu, soalnya testimoninya meyakinkan

  3. xxx says:

    focus celluler fakyuuu itu bener penipu bangsat.. waspada saya juga ketipu

Leave a Reply

