Penipu Dulu, Sekarang, Masa Depan dan Cara Pencegahannya

Posted: December 15, 2012 in Sekilas Penipuan
Tags: , , , , ,

Penipu sudah ada sejak dahulu kala. Dulu penipuan masih dilakukan dengan cara konvensional. Sejalan dengan perkembangan jaman dan memasuki era teknologi dan informasi, maka  para penipu mulai meninggalkan model  penipuan konvensional yang memiliki tingkat resiko tinggi dan beralih  menggunakan model modern dengan memanfaatkan teknologi dan informasi seperti internet.   Modus operandi penipuan selalu dikembangkan untuk meminimalkan resiko ditangkap oleh pihak yang berwajib. Salah satu upaya penipu untuk meminimalkan resiko ditangkap adalah dengan membuat identitas palsu (KTP Palsu) sebanyak-banyaknya. Seorang penipu bisa memiliki hingga ratusan buah identitas palsu. Selanjutnya identitas palsu ini diajukan untuk membuat rekening bank.  Jika ada korban penipuan yang terlanjur mentransfer ke nomor rekening penipu, maka korban, bank  dan polisi akan mengalami kesulitan untuk  mengusut dan melacak keberadaan penipu ini karena identitasnya fiktif. Apalagi penipu ini memiliki banyak nomor rekening yang jumlahnya mencapai ratusan. Salah satu yang dapat dilakukan pihak bank adalah memblokir rekening penipu. Tapi para penipu ini juga cukup pintar  karena begitu ada transfer dana dari korban, maka mereka akan secepatnya mengosongkan dana yang ada di nomor rekening tersebut, dengan cara mengambil tunai atau mentransfer ke nomor rekening lainnya, sehingga upaya pembekuan atau pemblokiran  nomor rekening menjadi tidak ada gunanya.  Inilah faktor yang menyebabkan pihak berwajib (polisi) “agak malas” untuk menindaklanjuti penipuan transfer antar bank via  ATM. Karena kecil kemungkinan untuk menangkap pelaku penipuan tersebut.

Di masa depan, para penipu ini juga akan semakin mengembangkan modus dan teknik penipuannya dengan cara yang lebih baru dan lebih canggih, sehingga korban sulit menduga, apakah mereka sedang ditipu atau tidak.

Satu-satunya teknik  untuk mengatasi penipuan adalah selalu berpikir sebagai seorang penipu. Jika mampu, maka  pasti terhindar dari tindakan penipuan.

Comments
  1. Riky says:

    Hati-hati Kalau anda membeli barang online seperti : Laptob, Keyboard, Kamera DSLR dan lain sebagai nya. Itu semua Hanya PENIPUAN dan TIDAK BENAR.
    Ini Identitas Pelaku Penipu Online yg berbahaya :
    Nama : IRFANDI
    Pin BB : 297A455A
    No.HP : 0823 0010 0313 & 0853 4186 2356
    Alamat : JL. KAPTEN RIVAI N0.25 – PALEMBANG – SUM-SEL
    WASPADA!!! DENGAN ORG INI, Situs WEBSITE ONLINE yang di buat pelaku untk mencari mangsa dan target nya ” http://www.marketelekro.com
    Uda Banyak Korban yang di lakukan si IRFANDI ini…
    WASPADA !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s