Penipuan Via SMS Dengan Modus Tertarik Beli Rumah

Posted: December 14, 2012 in Sekilas Penipuan
Tags: , , ,

Jika anda mendapatkan SMS yang berbunyi sebagai berikut :

” SAYA Hj. ANI, kemarin survei rumah dan tanah Bpk/Ibu , sudah cocok dan minat beli. Hubungi suami saya DR. H. HENDRA. S.E , 085218465222 “

“yth bpk/ibu sy Hj Ningsih sudah setuju mau beli rumah… utk harga hub suami Dr.H. Irwan 085313643747”

Sebaiknya jangan ditanggapi dan langsung dihapus saja, karena dapat dipastikan 100% adalah penipuan. Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban dengan modus operandi seperti yang disampaikan di atas. Ada korban yang kehilangan uang sebesar rp.25 juta, rp. 45 juta, rp. 112 juta setelah menanggapi  dan menghubungi nomor yang ada di SMS tersebut. Biasa korban kebetulan mengiklankan jual rumah di media massa atau di dunia maya.  Jadi tidak sadar bahwa ada penipu yang mengincarnya.

Cara kerja penipu tengik dengan modus tertarik beli rumah adalah dengan mengirimkan SMS berisi ketertarikannya terhadap rumah yang sedang diiklankan korban dan disuruh menghubunginya (penjual kok menghubungi pembeli, kan aneh). Jika korban menanggapi dan menghubungi penipu tengik tersebut, maka penipu tengik akan mengatakan tertarik dan mau mentransfer uang muka untuk beli rumah dan mohon rumahnya jangan dijual kepada pihak lain.  Dan kemudian penipu tengik meminta nomor rekening korban untuk mentransfer uang muka. Jika korban memberikan nomor rekeningnya, maka satu jam kemudian penipu tengik mengatakan sudah mentransfer uang muka sebesar  Rp. 10 juta dan mohon di cek di ATM (mereka gak mau via SMS Banking atau Internet Banking karena akan ketahuan kedok penipuannya). Setelah korban mengecek ke ATM dan mengatakan dana tidak masuk (memang tidak ditransfer), maka penipu tengik marah-marah dan ngotot pada korban bahwa dana sudah ditransfer.  Untuk itu dia menghubungkan anda dengan teknisi bank abal-abal (kok kebetulan ada teknisi) untuk memandu anda mendapatkan uang muka tersebut.  Jika korban tidak curiga dan mengikuti instruksi teknisi abal-abal,  maka korban akan dipandu untuk mentransfer dana pada nomor rekening penipu tengik. Sebelumnya teknisi abal-abal akan meminta pada korban jumlah saldonya agar mereka tahu berapa jumlah uang yang dapat dikuras dari korban.  Setelah sukses menipu korban, maka  penipu tengik dan rekannya langsung mematikan nomor hp agar korban tidak dapat menghubunginya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s