Waspada, jika anda mendapat SMS dari nomor : 082345367491  dengan isi SMS sebagai berikut :”Lowongan krja PT. PERTAMINA (persero) menerima karyawan L/P stara S1, S2,D3 krm Daftar Riwayat, fhoto 4×6 No.Hp.Kirim Via Email :pertamina.persero86@gmail.com” Pengirim SMS tersebut adalah penipu tengik dengan modus lowongan kerja fiktif yang mengatasnamakan PT. PERTAMINA (Persero). Jika anda mengirim lamaran ke alamat email yang disertakan penipu tengik tersebut dalam kiriman SMSnya, maka anda akan mendapatkan panggilan untuk test. Tapi dalam surat panggilan test tersebut anda diwajibkan untuk mengkonfirmasi keikutsertaan anda dengan menghubungi nomor yang ditampilkan penipu dalam surat panggilan test tersebut. Selain itu, penipu tengik tersebut mewajibkan anda untuk melakukan reservasi tiket pada jasa travel yang ditunjuknya (untuk pengurusan transportasi dan akomodasi).  Untuk itu penipu tengik menyuruh pelamar untuk mentransfer biaya transportasi dan akomodasi pada nomor rekeningnya (rekening atas nama pribadi, bukan atas nama perusahaan PT. Pertamina) dan penipu tengik berjanji akan mengembalikan biaya transportasi dan akomodasi tersebut setelah proses test selesai. Jika anda mentransfer biaya transportasi dan akomodasi pada rekening penipu, maka uang anda hilang dan pekerjaan yang anda impikan pun tak dapat diperoleh. Oleh karena itu, waspadalah.

Tips untuk mengetahui lowongan kerja fiktif :

  1. Lowongan kerja diinformasikan lewat SMS, Blackberry Messenger, Facebook,  Twitter, Iklan Gratis, dan Website Pribadi.
  2. Pelamar disuruh mengirimkan lamaran ke alamat email gratisan seperti gmail, yahoo, ymail, rocketmail.
  3. Pelamar diwajibkan untuk mentransfer biaya transportasi dan akomodasi pada nomor rekening atas nama pribadi bukan atas nama perusahaan.

Jika anda mendapatkan ciri-ciri tersebut, maka jangan pernah mengirim lamaran kerja, karena anda bisa tertipu.  Jika membutuhkan lamaran silahkan langsung melihat informasi lewat website resmi perusahaan itu sendiri dan jangan pernah berhubungan dengan orang yang tidak anda kenal.

NB : Lowongan kerja fiktif  lain yang dibuat penipu ini adalah mengatasnamakan PT. Freeport Indonesia, PT. Unilever, PT. Premier Oil Indonesia, Petronas, PT. Central Korporindo dan lain sebagainya.

About these ads
Comments
  1. megantara says:

    terima kasih telah memberi tahu infonya….
    baru saja saya dapat sms serupa dengan no.082328382712

    yang anehnya perusahaan sebesar pertamina membuka lowongan pekerjaan seperti ini,malah jadi kayak perusahaan abal-abal……

    setelah satu menit “keluyuran malam-malam” lewat laptop ternyata benar PENIPUAN

    terima kasih brother…

    • jamesbono says:

      Selamat lolos dari penipuan. Tapi yang kita prihatinkan adalah banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan lowongan kerja fiktif.

      • opik says:

        thenks juga brother mari kita bersama perangi kjahatan penipuan yang bisa merugikan bukan saja materi tetapi jiwa n pikiran kita tlah dibodohi dasarrrrr….ndak jauh beda dngan korupsi bangsaaaaaaat….. skali lagi thenks sy sendiri pernah mengalami dngansms srupa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s